Selasa, 02 Januari 2018

Cara Memulai Usaha / Bisnis

https://get.pxhere.com/photo/car-ice-vehicle-ice-cream-bus-art-candy-street-vending-mobile-shop-ice-cream-truck-emergency-vehicle-ice-cream-sales-gelaterie-1387492.jpg
Banyak orang bingung dan pusing, ribuan pertanyaan mengacu pada satu pertanyaan tentang bagaimana  cara memulai usaha / bisnis ketika seseorang ingin memiliki sebuah usaha/ bisnis. Sebetulnya menurut mereka yang telah berkecimpung dalam bidang enterpreneur, maka cara memulai sebuah usaha atau bisnis sangatlah mudah dan bahkan ada yang tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Syaratnya hanya satu, mulailah dengan memiliki mimpi dan rasa optimis yang membumbung didada. Karena dengan mimpi maka anda akan lebih mudah menciptakan ide-ide brilian mengenai embrio bisnis anda yang kemudian bisa menjadi sebuah bisnis yang laik dan menguntungkan. 

Secara garis besar tahapan-tahapan dalam memulai usaha atau bisnis adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan gagasan bisnis yang dikembangkan                                                                      Hendaknya usaha yang akan kita geluti sesuai dengan kemampuan, minat atau bakat yang kita miliki tanpa meninggalkan faktor peluang yang mungkin muncul dalam masyarakat. Rata-rata kebanyakan mereka yang telah sukses menjadi pengusaha, memilih bidang usaha yang sesuai dengan minat mereka, jadi mereka akan selalu menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka dengan senang hati tanpa ada rasa jenuh, bosan, bahkan putus asa ketika kondisi bisnis berada pada titik nadir. 
  2. Buatlah visi dan misi usaha anda                                                                                                 Sebuah usaha hendaknya mempunyai visi dan misi yang jelas sehingga tujuan dan langak usaha tersebut dapat terkonsep dan terpetakan dengan baik guna menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Sekecil apapun usaha yang dimiliki, maka usaha tersebut harus memiliki visi dan misi yang jelas karena dapat berpengaruh pada hasil usaha yang akan diperoleh.
  3. Aksi/ Tindakan                                                                                                                               Sebaik apapun ide bisnis yang kita miliki, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika tidak segera bertindak. Mulailah usaha yang anda rencanakan dengan penuh keyakinan dan ketekunan, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang dan kerja keras yang harus dijalankan.
  4. Selalu belajar dan melakukan Pengamatan                                                                               Amati pengusaha yang sukses dengan bidang usaha yang sama dengan kita. Bila usaha kita tergolong baru, amatilah strategi manajemen yang mereka gunakan , hal penting lainnya, perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan agar produk yang kita jual akan lebih inovatif dan kompetitif.
  5. Hadapi, hayati, serta nikmati hambatan atau kegagalan                                                          Membangun sebuah usaha hingga sukses memanglah tidak mudah, adanya hambatan serta resiko kegagalan hampir membayangi setiap usaha. Untuk itu, kita harus berpikiran positif terhadap segala hambatan yang menghadang serta kegagalan yang terjadi, karena dalam setiap kesulitan ada kemudahan jika kita mau bekerja keras. Tanpa kita sadari , dalam keadaan terdesak kreativitas seseorang akan meningkat untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Karena itu maka hadapi, hayati serta nikmati setiap hambatan serta kegagalan yang menghadang setiap langkah usaha kita untuk menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.
Kunci kesuksesan memulai sebuah bisnis adalah berani menjadikan mimpi kita kedalam ide bisnis yang ingin kita geluti. Jangan takut gagal dalam memulai bisnis, karena setiap kegagalan akan memberikan pelajaran berharga bagi langkah bisnis anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Memulai Usaha / Bisnis

https://get.pxhere.com/photo/car-ice-vehicle-ice-cream-bus-art-candy-street-vending-mobile-shop-ice-cream-truck-emergency-vehicle-ice-crea...